Makalah perlindungan konsumen

Yang telah memberikan waktu dan kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini.

Untuk mengetahui azas dan tujuan dari perlindungan konsumen 4. Permasalahan yang dihadapi konsumen tidak hanya sekedar bagaimana memilih barang, tetapi jauh lebih kompleks dari itu yang menyangkut pada kesadaran semua pihak, baik pengusaha, pemerintah maupun konsumen itu sendiri tentang pentingnya perlindungan konsumen.

Hak untuk memilih barang yang didalam Islam dikenal dengan istilah khiyar, disini dimaksudkan agar konsumen diberi kebebesan mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan selera keinginannya.

Mampu menjawab dan mempraktikkan pertyaan-pertayaan ini maka berarti para pelaku bisnis produsen telah melindungi kepentingan konsumen sesuai yang di inginkan dalam syariat Islam.

Analisis kasus 2 Dalam kasus prita mulya sari di atas,terlihat jelas bahwa lagi lagi kekuatan konsumen lebih lemah jika di bandingkan dangan kekuatan produsen. Klausula Baku Dalam Perjanjian Klausula baku adalah setiap syarat dan ketentuan yang telah disiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pengusaha yang dituangkan dalam suatu dokumen atau perjanjian yang engikat dan wajib dipenuhi olehkonsumen.

Upaya pemberdayaan ini penting karena tidak mudah mengharapkan kesadaran pelaku usaha yang pada dasarnya Makalah perlindungan konsumen ekonomi pelaku usaha adalah mendapat kentungan yang semaksimal mungkin dengan modal seminimal mungkin. Mengetahui aplikasi hukum perlindungan konsumen.

Mengetahui karakteristik dari hokum perlindungan konsumen. Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi atau penggantian, apabila barang atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Tidak memasang label atau membuat penjelasan barang yang memuat nama barang, ukuran, berat atau isi bersih nettokomposisi, aturan pakai, tanggal pembuatan, akibat sampingan, nama dan alamat pelaku usaha serta keterangan lain untuk penggunaan yang menurut ketentuan harus dipasang atau dibuat.

Konsumen Akhir adalah Konsumen yang mengkonsumsi secara langsung produk yang diperolehnya. Sesuai dengan yang tercantum dalam pasal 19 UUPK tentang kewajiban pelaku usaha bukan masalah sebaliknya pelaku usaha dalam hal ini rumah sakit malah menuntut prita.

Pemberian ganti rugi tidak menghapus kemungkinan adanya tuntutan pidana berdasarkan pembuktian lebih lanjut mengenai adanya unsure kesalahan.

Dengan adanya dasar hukum yang pasti, perlindungan terhadap hak-hak konsumen bisa dilakukan dengan penuh optimisme. Memperlakukan atau melayani konsumen secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif 4.

Sebaliknya apa yang menjadi kewajiban konsumen merupakan hak bagi produsen. Dengan adanya UU Perlindungan Konsumen beserta perangkat hukum lainnya, konsumen memiliki hak dan posisi yang berimbang, dan mereka pun bisa menggugat atau menuntut jika ternyata hak-haknya telah dirugikan atau dilanggar oleh pelaku usaha.

Konsumen dari bahasa Belanda consumptie, ialah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang maupun jasa, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan secara langsung. Hak untuk melakukan pembelaan diri di dalam penyelesaian hokum sengketa.

Perlakuan dokter atau rumah sakit ini makin menggila jika pasien ditanggung oleh asuransi swasta. Dalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati kami menyampaikan terima kasih kepada ibu Theresia selaku dosen Hukum dalam Bisnis.

Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jamina barang atau jasa. Saat ini ada saja para produsen yang tidak mementingkan kesehatan dan keselamatan konsumennya karena sering kita jumpai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pihak produsen kepada pihak konsumen.

Sedangkan dari segi bentuk penulisannya, klausula-klausula itu harus di tuliskan dengan sederhana, jelas, dan terang sehingga dapat dibaca dan dimengerti dengan baik oleh konsumen. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang atau jasa yang digunakan.

Untuk cara yang kedua ini, konsumen tidak terlibat dalam suatu hubungan kontraktual dengan pelaku usaha. Namun di sisi lain, harus diakui pula klausula baku sangat membantu kelancaran perdagangan.

Namun di sisi lain, perlindungan tersebut harus juga melindungi eksistensi produsen yang sangat esensial dalam perekonomian negara. Apa sajakah Perbuatan yang dilarang bagi Pelaku Usaha? Dan, proses pengadilan dilakukan oleh badan pengadilan umum yang berwenang.

Untuk cara yang kedua ini, konsumen tidak terlibat dalam suatu hubungan kontraktual dengan pelaku usaha.Semoga makalah yang saya buat ini dapat memberi penjelasan dan dapat mengingatkan para pembaca bahwa kita sebagai konsumen memiliki hak-hak serta kewajiban yang harus kita laksanakan, dan kita juga memiliki perlindungan penuh atas hukum dan UU yang berlaku yang bisa digunakan kapan saja ketika diri kita mendapat perlakuan yang tidak sesuai dengan apa-apa yang telah ditetapkan bagi.

makalah hukum perlindungan konsumen peran badan penyelesaian sengketa konsumen (bpsk) dalam menyelesaikan sengketa konsumen di luar pengadilan disusun oleh: silvia kumalasari fakultas hukum universitas negeri semarang daftar isi halaman judul i daftar isi ii bab i.

pendahuluan 1 a. latar belakang 1 b. rumusan masalah 3 c. tujuan penulisan 3 bab ii. Menciptakan system perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hokum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi.

Menumbuhkan kesadaran ppelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujuur dan bertanggung jawab dalam berusaha.

Perlindungan konsumen ini adalah jaminan yang seharusnya didapatkan oleh para konsumen atas setiap produk bahan makanan yang dibeli dari produsen atau pelaku usaha. Saat ini ada saja para produsen yang tidak mementingkan kesehatan dan keselamatan konsumennya karena sering kita jumpai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pihak produsen kepada pihak konsumen.

Apr 15,  · Di dalam UU Perlindungan Konsumen Pasal 4 point ke 3 disebutkan salah satu hak konsumen yaitu “hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa”. Kasus tersebut jelas sudah bertentangan.

Perlindungan konsumen

Dengan memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat,taufik dan ultimedescente.comga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Hukum Perlindungan Konsumen”.

Download
Makalah perlindungan konsumen
Rated 5/5 based on 47 review